Lainnya

Cara mengatasi Virus Yang Menyerang File Exe

Ada banyak sekali tipe virus yang dapat menyerang windows, hal ini bisa sangat menggangu jika virus sampai merusak beberpa file, anggap aja salah satu virus ini, entah apa namanya,virus ini akan menyerang seluruh file di komputer.

source image : liputan6.com

Pada saat kita membuka salah satu software saja, maka virus tersebut akan menyerang seluruh exe lainya pada komputer, bahkan saat flsadisk di masukkan pun ia akan menyerang file exe yang ada di dalamnya.

Cirri2 seluruh program akan memiliki ukuran 522 KB dan tidak bisa di buka

Selain menganggu, vitus ini juga membuat komputer tidak bisa di gunakan, bayangkan saja, software yang ingin kita buka selalu gagal.

Langsung saja, Berikut Cara mengatasinya :

INSTAL ANTIVIRUS AVG ,aplikasi inilah yang dulu mampu membersihkan seluruh virus tersebut.

Cara Instal yang di rekomendasikan adalah dengan menggunakan file rar terlebih dahulu dan bisa langsung di install bersamaan saat ektrack.

Selanjutnya lakukan scaneer, disitu akan terlihat banyak sekali software yang di sembuntyikan dan akan di atasi oleh AVG sampai ke akar2nya ,dan pc akan berjalan normal kembali. Tips supaya tidak terjadi hal tersebut adalah dengan melakukan deep freeze dan backup data penting lainnya untuk kedepannya.

Baca Juga :  Cara Kirim Foto Banyak/Masal di Whatsapp Iphone 100% Berhasil

Selain itu Virus komputer yang menyerang file exe dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi, dan membatasi penggunaan komputer Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi virus komputer yang menyerang file exe jika cara yang tadi belum maksimal :

  1. Install antivirus – Yang pertama harus dilakukan adalah menginstall antivirus terbaru dan memindai seluruh sistem komputer. Antivirus akan mendeteksi virus dan memberikan opsi untuk menghapusnya. Pastikan antivirus Anda selalu di-update agar bisa mengenali virus baru.
  2. Restore dari backup – Jika Anda memiliki backup data terakhir yang tersimpan sebelum virus menyerang, cobalah untuk memulihkan data dari backup tersebut. Hal ini akan mengembalikan sistem ke keadaan sebelum terkena virus dan dapat mengembalikan file exe yang terinfeksi.
  3. Menghapus virus secara manual – Anda juga dapat mencoba menghapus virus secara manual. Caranya adalah dengan menonaktifkan proses yang tidak diinginkan pada Task Manager, menghapus file-file virus yang terdeteksi, dan membersihkan registry dari entri virus.
  4. Instal ulang sistem operasi – Jika metode di atas tidak berhasil, cara terakhir adalah dengan menginstal ulang sistem operasi. Ini akan membersihkan seluruh sistem dan menghapus semua virus dan file yang terinfeksi. Pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak kehilangan data yang penting.
Baca Juga :  Mengatasi Lupa Kata Sandi Akun Facebook, Instagram, Gmail dll

Dalam melakukan pencegahan terhadap serangan virus, pastikan untuk selalu menggunakan software antivirus yang terbaru, jangan mengunduh atau membuka file dari sumber yang tidak dikenal, dan jangan membuka email dari pengirim yang tidak dikenal atau mencurigakan. Selalu lakukan backup data secara rutin agar dapat memulihkan data jika terjadi serangan virus.

Tinggalkan Balasan